TITIK JENUH KONSUMEN
TITIK JENUH KONSUMEN
Sebagai produsen maupun suplier suatu produk,
biasanya akan lebih mementingkan bagaimana cara menawarkan dan memasarkan
produk mereka. Sehingga terkadang lupa bahwa perilaku
konsumsi suatu masyarakat berpengaruh pada tingkat penjualan produk yang dipasarkan. Salah satu faktor tersebut adalah
Titik kejenuhan ( titik kebosanan) konsumen.
Titik kejenuhan dalam konsumsi adalah sesuatu yang
wajar dan pasti terjadi dalam perilaku konsumsi. Misalnya bila seseorang makan
pagi, siang atau malam dengan menu yang sama selama beberapa hari pasti akan
mengalami kebosanan. Dalam konsumsi produk pun akan mengalami hal yang sama,
terlebih lagi bila produk tersebut
adalah produk sekali pakai seperti makanan dan minuman.
Kebosanan dipicu oleh adanya paparan atau exposure stimulus yang terus-menerus diterima oleh
individu dalam jangka waktu tertentu; dan pada titik tertentu persepsi
ketertarikan terhadap stimulus akan menurun.
Bila produsen maupun
suplier hanya berpedoman pada penawaran produk tanpa melihat apakah konsumen di
suatu daerah telah mencapai titik jenuh, maka hal ini akan berdampak pada
penurunan laba yang diperoleh produsen atau suplier. Hal ini dapat menimbulkan
celah yang bisa dimasuki oleh kompetitor, baik kompetitor lama maupun
kompetitor baru. Apabila hal ini sudah terjadi akan sulit bagi produsen atau
suplier untuk bersaing melawan kompetitor menggunakan produk yang sudah
dipasarkan.
Strategi pemasaran
yang tepat akan menetralisasi tingkat kejenuhan dengan baik.
Namun, tidak
berarti bahwa memahami tingkat kejenuhan secara baik menjadikan perusahaan
untuk membombardir konsumen dengan beragam produk. Konsekuensinya, pada titik
tertentu, penawaran produk yang berlebihan, akan menyebabkan konsumen
menghindari diri dari serbuan penawaran produk karena ketidakmampuan mengolah
informasi dan memutuskan untuk melakukan pembelian serta keterbatasan diri.
Solusinya adalah produsen atau suplier mencoba memahami titik jenuh konsumen ini, salah satunya dengan cara berkomunikasi yang baik
dengan para reseller adalah salah satu cara untuk melihat seberapa besar titik
kejenuhan konsumsi masyarakat, karena reseller adalah ujung tombak dari
pemasaran produk.
Terima kasih sudah mampir.....
CASINO 100% SURE - JM Hub
ReplyDeleteCASINO 목포 출장샵 100% SURE. CASINO 논산 출장마사지 100% SURE. CASINO 100% SURE. CASINO 100% SURE. CASINO 100% 포천 출장안마 SURE. 정읍 출장안마 CASINO 100% SURE. CASINO 100% SURE. CASINO 100% 광명 출장마사지 SURE.