Cara Pembatalan Kiriman Surat dan Paket di loket agen pos menggunakan aplikasi IPOS WEB
Pembuatan Laporan Pembatalan Kiriman Surat dan atau Paket di
Loket Agen mengggunakan aplikasi IPOS WEB
Dalam kegiatan transaksi di loket agen tidak jarang petugas
loket harus melakukan pembatalan transaksi. Berikut adalah cara pembatalan
pengiriman surat dan paket :
- Petugas Loket melaporkan kepada Pengelola Loket (kepala Agen) mengenai pembatalan kiriman, disertai resi kiriman dan juga alasan pembatalan, Coret resi yang dibatalkan ( X ). Biasanya pembatalan di loket agen hanya bisa dilakukan di hari yang sama dengan resi dibuat.
- Kepala Agen Log in layanan aplikasi IPOS kepala agen, dan melakukan pembatalan transaksi : Pilih start > ALL PROGRAMS > ADMINISTRASI TRANSAKSI > PEMBATALAN TRANSAKSI > Maka akan muncul layar PEMBATALAN KIRIMAN MLO > masukan KODE BAR kiriman yang akan dibatalkan > Masukan PASSWORD KEPALA AGEN > maka akan muncul DATA KIRIMAN yang dibatalkan > Tuliskan ALASAN PEMBATALAN > klik PROSES BATAL.
- Setelah semua transaksi selesai sebelum pembuatan manifest dan R7, Kepala Agen mencetak LAPORAN TRANSAKSI BATAL : START > ALL PROGRAM > LAPORAN > LAPORAN TRANSAKSI BATAL > maka akan muncul layar LAPORAN PEMBATALAN TRANSAKSI > LIHAT DATA > CETAK
- Kemudian Kepala Agen / Petugas loket menghubungi petugas kantor pos terdekat untuk melakukan konfirmasi pembatalan, hal ini dilakukan untuk proses pengembalian dana agen ( refund deposit ) .
- Pada saat Agen Pos mengirimkan surat / paket transaksi agen pos ke kantor pos, Laporan pembatalan dan resi pembatalan harus dibawa.
Berikut ilustrasi gambar pembatalan kiriman surat dan paket
1. Buka Programs pembatalan kiriman MLO : Pilih start > ALL PROGRAMS > ADMINISTRASI TRANSAKSI > PEMBATALAN TRANSAKSI
2. Maka akan muncul layar PEMBATALAN KIRIMAN MLO > masukan KODE BAR kiriman yang akan dibatalkan > Masukan PASSWORD KEPALA AGEN > maka akan muncul DATA KIRIMAN yang dibatalkan > Tuliskan ALASAN PEMBATALAN > klik PROSES BATAL.
3. Membuat Laporan Pembatalan : START > ALL PROGRAM > LAPORAN > LAPORAN TRANSAKSI BATAL
4. Maka kita akan masuk ke layar menu Laporan Pembatalan : LAPORAN PEMBATALAN TRANSAKSI > LIHAT DATA > CETAK
Sumber : https://www.youtube.com/channel/UCv1elz38461cFr82c4PNWjw
Sekian dari kami mengenai PEMBATALAN KIRIMAN di loket aagen
menggunakan aplikasi IPOS WEB.
Terima kasih sudah membaca artikel di blog kami,
AGEN POS ARDIAN
Sorry gan , cm sekedar curhat saja sy kmren menggunakan pos kilat khusus , jadi saya kirim paket sy yg tadinya sudah saya prediksi biaya di aplikasi OLshop saya 89.000, pas di print dan keluar resi sya kaget nilai nya menjadi 120.000 , disitu sy punya inisiatif untuk cancel paket, cuma sayang nya petugas loket/agen pos bilang " tidak bisa di cancel karena sudah masuk system' ke pusat" , nahhh disitu saya ga mau lagi pakai pengiriman pos kilat khusus walaupun di aplikasi yg saya pakai ada layanan pengiriman POS Indonesia.
ReplyDeleteGt gan thanks ya
Aplikasinya di hp namanya ap gan klo buat cancel kiriman surat lwat pos
Delete