Permasalahan yang dihadapi Agen Pos.

PERMASALAHAN - PERMASALAHAN
YANG BIASANYA DIHADAPI AGEN POS

Dalam kegiatan usaha, pelaku usaha tentu sering menghadapi beberapa permasalahan. Tidak ada usaha yang terus menerus berjalan lancar dan selalu menghasilkan keuntungan. Sama halnya dengan Agen Pos, Agen Pos juga merupakan kegiatan usaha yang tak lepas dari suatu permasalahan. Banyak penyebab timbulnya suatu permasalahan yang terjadi di Agen Pos, permasalahan bisa terjadi dari faktor internal maupun eksternal Agen Pos. Adapun permasalahan yang sering dihadapi diantaranya adalah :

1. Kurangnya pemahaman mengenai Agen Pos.
Hal ini terjadi karena usaha Agen Pos ini lebih sering dianggap sebagai usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, sehingga keuntungan yang didapat kurang maksimal. Pengelola hanya menganggap keuntungan Agen Pos sebagai penghasilan tambahan, bukan  penghasilan utama. Padahal sektor Agen Pos dapat memiliki pendapatan yang luar biasa besar.
Solusi yang bisa dilakukan adalah pengelolaan Agen Pos sepenuh hati, bukan hanya berfikir mendapatkan untung seadanya, yang penting mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Pengelolaan Agen Pos yang seadanya.
Seperti yang sudah disampaikan pada poin 1, Agen Pos biasanya hanya dianggap sebagai usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Mungkin hal ini ada benarnya, karena PT. Pos Indonesia melalui mitra utamanya dalam hal ini main agent dari Agen Pos telah membuat aplikasi atau sistem transaksi yang memudahkan kegiatan Agen Pos. Namun jika kemudahan tersebut dianggap sesuatu yang sepele, hal ini malah dapat mengakibatkan sebuah Agen Pos tidak akan mengalami peningkatan.
Solusi yang bisa dilakukan adalah Profesionalisme diperlukan untuk meningkatkan suatu usaha, di sini pengelola Agen Pos dapat menetapkan peraturan dan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) yang jelas dan tegas.

3. Kurangnya pemahaman mengenai aplikasi ( IT )
Pemahaman aplikasi ini biasanya adalah masalah terbanyak yang dihadapi Agen Pos, kenapa ??? Hal ini dikarenakan faktor pemahaman siapa saja dapat menggunakan aplikasi yang disediakan untuk Agen Pos, padahal jika Agen Pos berada di daerah pedesaan pengelola atau petugas loketnya kebanyakan adalah ibu – ibu rumah tangga. Para ibu ini biasanya bingung bila terjadi kesalahan yang terjadi pada sistem aplikasi ataupun perubahan sistem yang digunakan.
Solusi yang bisa  dilakukan adalah sering – sering berkomunikasi dengan pihak PT. Pos Indonesia, dalam hal ini petugas kantor Pos terdekat bagian IT utamanya untuk masalah layanan pengiriman surat dan paket ( MLO ), ataupun helpdesk dari main agent untuk layanan jasa keuangan (POSpay). Bisa juga pengelola Agen Pos meminta petugas kantor pos bagian IT untuk mengadakan pelatihan, bisa di tempat Agen Pos maupun Agen Pos yang datang ke kantor pos.

4. Fasilitas yang seadanya
Fasilitas merupakan masalah selanjutnya dari pengelolaan Agen Pos. Untuk Agen Pos yang hanya berpedoman sebagai usaha sampingan, biasanya kurang dalam hal penyediaan fasilitas pendukung agar Agen Pos dapat dikenali pelanggan sebagai sebuah kantor pos yang bekerja bersama PT. Pos Indonesia maupun fasilitas yang disediakan untuk pelanggan. Padahal  PT. Pos Indonesia menyarankan agar Agen Pos memiliki fasilitas yang sudah ditetapkan, namun PT. Pos Indonesia tidak memaksakan agar fasilitas tersebut harus langsung dapat terpenuhi.
Solusi dari pemasalahan ini adalah dengan cara menambahkan fasilitas seiring berjalannya waktu, tidak perlu memaksakan aga fasilitas menjadi komplit seketika.

5. Kesalahan petugas loket Agen Pos
Sebagai manusia, tentunya petugas loket Agen Pos tidak akan lepas dari suatu kesalahan. Biasanya kesalahan ini berupa kesalahan dalam input data transaksi yang dapat mengakibatkan Agen Pos mengalami kerugian finansial, karena untuk jasa layanan keuangan (PLN,PDAM,Multifinance) melibatkan pihak lain (bukan hanya PT. Pos Indonesia, main agent dan Agen Pos saja). Terdapat perjanjian kerjasama yang jelas dengan pihak – pihak lain tersebut dan biasanya jika jasa layanan keuangan ini, pengembalian dana (refund) transaksi yang sudah dibayarkan sulit atau bahkan tidak bisa dikembalikan.
Solusi hal ini dapat dilakukan dengan cara pengawasan terhadap loket agen, usahakan petugas loket untuk meneliti data yang akan ditransaksikan terlebih dahulu.

6. Promosi Agen Pos
Untuk meningkatkan keuntungan yang didapat Agen Pos harus memiliki transaksi yang banyak, karena keuntungan Agen Pos berasal dari fee tiap transaksi. Dalam hal ini peran promosi menjadi sangat penting, jika transaksi hanya dilakukan oleh pelanggan yang berada di sekitar loket Agen Pos tentu saja keuntungan yang didapat akan cenderung tetap.
Solusi yang dapat dilakukan dari permasalahan ini Pengelola Agen Pos dapat melakukan promosi yang bisa dilakukan menggunakan brosur, iklan di surat kabar maupun yang sekarang sedang populer promosikan Agen Pos lewat media sosial. Pengelola Agen Pos dapat membuat halaman khusus untuk kegiatan Agen Pos, sehingga masyarakat umum dapat melihat dan menggunakan jasa Agen Pos kita.

7. Tempat usaha
Peluang usaha juga bergantung pada lokasi, lokasi untuk usaha layanan pembayaran online sekarang  ini sudah ada di mana- mana, setiap toko yang kita jumpai biasanya juga menyediakan layanan ini. Untuk layanan pengiriman barangpun sekarang ini sudah banyak  selain PT. Pos Indonesia, dengan biaya pengiriman yang bersaing.
Solusi untuk tempat usaha adalah pastikan lokasi kita berada jauh dari lokasi tempat pembayaran online yang lain, paling tidak berjarak 500 meter dari tempat kita. Pastikan juga lokasi kita mudah untuk dijangkau oleh para pelanggan.   

8. Pelanggan
Faktor pelanggan merupa permasalahan utama yang pertama dan sudah jelas tidak akan terhindarkan dalam suatu kegiatan usaha, karena sifat dan sikap pelanggan tidak ada yang sama.
Ada pelanggan yang sabar, ada juga yang tidak sabaran. Yang biasa terjadi adalah permasalahan dengan pelanggan tipe kedua, mereka biasanya menginginkan transaksi yang cepat.  Tidak peduli bila terjadi gangguan dalam layanan, baik itu gangguan sistem aplikasi maupun jaringan.
Solusi yang bisa kita berikan adalah memberikan penjelasan kepada pelanggan dengan ramah, jelaskan permasalahan yang terjadi secara mendetail.
Terkadang Agen Pos juga akan menemui pelanggan yang perhitungan. Pelanggan tipe ini biasanya menginginkan layanan yang bagus dengan biaya yang rendah, mereka bahkan akan membanding – bandingkan dengan penyedia jasa layanan lain yang serupa. Padahal semua kegiatan transaksi di Agen Pos sama dengan kantor pos, baik dari segi aplikasi maupun biaya.
Solusi bila hal ini terjadi adalah memberikan penjelasan kepada pelanggan bahwa “semua transaksi di loket Agen Pos, baik aplikasi maupun biaya adalah sama dengan transaksi yang ada di kantor pos”.

9. Dana Usaha (modal)
Dana usaha merupakan permasalahan utama yang kedua, mengapa ?? Sudah jelas bila sebuah usaha haruslah memiliki dana untuk kelangsungan usaha. Permasalahannya adalah bagaimana cara mendapatkan dana usaha, berapa besar dana yang diperlukan, dan bagaimana cara mengelola dana tersebut.  Pada awal usaha pasti pengelola Agen Pos, hanya berfikir membuka usaha ini pasti mendatangkan keuntungan. Padahal pada pelaksanaannya keuntungan baru bisa dicapai jika kita memiliki banyak transaksi.
Solusi yang dapat dilakukan adalah membuat pembukuan yang jelas dalam kegiatan usaha, kalau perlu mendatangkan orang yang mengerti tentang pengelolaan dana.

10. Niat
Yang terakhir adalah niat, bila kita sudah mantab untuk melakukan usaha Agen Pos, kita harus semangat untuk menjalaninya. Terkadang orang menjadi patah semangat bila mendengar omongan orang lain, mereka sering membandingkan penghasilan yang kita dapat dengan orang lain yang bekerja di kantor atau perusahaan baik negeri maupun swasta.
Solusi yang bisa kita ambil adalah  jangan mudah berputus asa, jangan termakan omongan orang yang merendahkan kita. Kita harus yakin dengan usaha yang kita jalani, karena hasil yang baik harus diawali dengan sebuah NIAT yang baik dan tulus.

Mungkin ini yang bisa penulis share untuk pembaca. Terima kasih sudah membaca,





AGEN POS ARDIAN





Comments

  1. Maaf admin, saya sedang menulis skripsi tentang agenpos. Boleh minta alamat emailnya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Pembatalan Kiriman Surat dan Paket di loket agen pos menggunakan aplikasi IPOS WEB

Activity based management, Activity Based Cost

Transaksi POSPAY di loket Agen Pos