Apa itu Agen Pos dan apa Syarat untuk menjadi Agen Pos....
Apa saja syarat untuk menjadi Agen Pos ? Apa usaha yang dilakukan hanyalah
pengiriman surat dan paket saja ? Apa yang menjadi Agen Pos itu adalah pegawai
intern pos ? Pertanyaan inilah yang sering terpikirkan oleh para calon Agen
Pos, hal ini dikarenakan sejak puluhan tahun yang lalu kegiatan PT. Pos
Indonesia adalah jasa pengiriman. dalam halaman ini kami mencoba untuk mencoba
menjelaskan kepada pembaca tentang apa itu Agen Pos, dan syarat untuk menjadi
Agen Pos.
Agen Pos adalalah mitra dari PT. Pos Indonesia, yang dapat menjadi Agen Pos
adalah individu perorangan maupun suatu badan usaha yang bertindak untuk dan
atas nama PT. Pos Indonesia (persero) untuk menyelenggarakan layanan Pos sesuai
kesepakatan yang berlaku.
Agen Pos tidak hanya memberikan jasa layanan Pos saja, tetapi juga
digabungkan dengan layanan pembayaran online atau yang biasa disebut PT. Pos
Indonesia dengan Sistem Online Payment Point ( SOPP ). SOPP ini melayani
berbagai macam pembayaran, mulai dari tagihan listrik, telepon dan PDAM,
pembelian token listrik, pembelian voucher HP, Asuransi, Multfinance, hingga
Online Shop.
Syarat Untuk menjadi Agen Pos adalah sebagai berikut :
- Mengajukan permohonan kepada
PT. Pos Indonesia ( Persero) melalui Kantor Pos Pemeriksa (Kprk) terdekat
dengan mengisi form yang disediakan.
- Membuat denah lokasi usaha,
bisa menggunakan gambar tangan maupun komputer
- Membawa surat keterangan usaha
(minimal surat dari Desa atau Kelurahan).
- Foto 3 x 4 terbaru
- Tempat usaha minimal 3 x 2
meter persegi.
- Menyiapkan peralatan pendukung
usaha, seperti meja dan kursi, komputer/ laptop, printer dot matrix (Lx
300/ Lx 310).
- Koneksi internet, sangat
penting karena transaksi Agen Pos terintegrasi langsung dengan PT. Pos
Indonesia.
- Akses jaringan dan Aplikasi
sistem disiapkan oleh PT. Pos Indonesia
- Mendapat persetujuan dari PT.
Pos Indonesia dan menandatangai Perjanjian Kerjasama.
Lokasi Agen Pos
Ideal Lokasi Agen Pos adalah kurang lebih 1 kilometer dengan Agen Pos lain.
Tetapi bila ada lebih dari 1 Agen Pos, syarat lokasi kurang lebih radius 250 meter.
Modal Agen Pos
Untuk menjadi Agen Pos tidak membutuhkan modal besar. Bila kita sudah
memiliki peralatan pendukung seperti meja, kursi, komputer/ Laptop, printer,
modem, yang selanjutnya dipikirkan adalah deposit, sistem
deposit diberlakukan untuk menhindari agen yang nakal. Paket yang ditawarkan
oleh PT. Pos ada 3 Paket AgenPos, yakni agen untuk jasa
keuangan , agen untuk jasa surat dan paket, dan agen gabungan keduanya.
PROSEDUR PENGAJUAN IZIN MENJADI AGEN POS
- Pemohon (badan usaha/perorangan) mengajukan permohonan tertulis kepada Kantor Pos menggunakan formulir yang telah disediakan di Kantor Pos.
- Kantor Pos melakukan kajian kelayakan pendirian Agenpos maksimal setelah diterimanya pengajuan permohonan.
- Berdasarkan hasil kajian kelayakan tersebut, Kantor Pos meneruskan permohonan pendirian Agenpos kepada Kadivre.
- Berdasarkan permohonan pendirian Agenpos, Kadivre menerbitkan persetujuan atau penolakan secara tertulis.
- Jika diterima, pihak Kantor Pos setempat segera memproses nopend Agenpos pada kesempatan pertama kepada Bagian Jaringan fisik Kantor Pusat Bandung via email, diteguhkan dengan surat.
- Pemberian nopend untuk Agenpos oleh Bagian Jaringan fisik kepada bagian Dalsisop (Pengendalian sistem Operasi) dilakukan secara tertulis dan ditembuskan Kprk (Kantor Pos Pemeriksa) dan Divre terkait.
- Perikatan penyelenggaraan Agenpos dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Agenpos.
- Pelatihan dan persiapan pengoperasian Agenpos.
KELENGKAPAN OPERASIONAL AGENPOS
1. Sarana yang dibutuhkan antara lain : meja-kursi, komputer, printer,
mesin timbangan.
2. Aplikasi Agenpos disediakan oleh Kantor Pos. Proses instalasi dapat
dilakukan oleh Agenpos atau pihak Kantor Pos.
3. Simcard untuk kepentingan jaringan disediakan oleh pengelola Agenpos.
4. Petugas pelaksana Agenpos mempunyai User ID yang diambil dari nopend.
5. Pelatihan Agenpos dilakukan di tempat lokasi usaha Agenpos.
KEWAJIBAN AGENPOS
1. Mematuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam
penyelenggaraan pelayanan pos.
2. Memasang identitas Pos Indonesia dengan mencantumkan logo Perusahaan
sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.
3. Membuka rekening Giropos Online (GOL) atau rekening bank yang
bekerjasama dengan perusahaan untuk kepentingan rekonsiliasi/settlement dan
atau deposit.
4. Memelihara barang inventaris perusahaan.
5. Melayani pelanggan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan
Petunjuk teknik (Juknis) yang berlaku di perusahaan.
6. Melakukan proses inisialisasi pada waktu pertama kali instalasi sistem
dan jaringan atau pada saat ada perubahan data base pusat misalnya perubahan
tariff, update versi.
7. Membayar biaya paket daya (biaya jaringan dan biaya abonemen) setiap
bulan.
8. Melakukan sinkronisasi atas kurs setiap hari yang diterima dari
perusahaan cq web Pos Internasional atau dapat diambil dari kurs tengah Bank
Indonesia apabila pada hari berjalan tidak diterima informasi kurs dari
perusahaan.
9. Penerimaan kiriman dari masyarakat harus sesuai dengan jadwal tutupan
pos Kprk penghubung.
HAK AGENPOS
- Menerima pelatihan dan pembinaan dari perusahaan/Kantor Pos.
- Menerima dukungan pemasaran termasuk promosi tentang eksistensi Agenpos.
- Menerima pembayaran potongan harga atas penjualan surat pos, kiriman terbukukan dan penjualan meterai temple.
- Menerima jadwal tutupan pos, untuk penyesuaian pengiriman kiriman pos dari Agenpos ke Kantor Pos penghubung.
- Boleh mengadakan perikatan dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman pos dengan mengatasnamakan pengelola, bukan atas nama PT Pos Indonesia.
- Menerima daftar tarif dalam bentuk buku.
- Up date aplikasi setiap ada perubahan sistem atas aplikasi Agenpos.
- Menerima jemputan kiriman sesuai dengan jadwal tutupan pos Kprk penghubung
LARANGAN BAGI PENGELOLA AGENPOS
- Menjual jasa yang sejenis dengan produk Pos, kecuali produk hasil kerjasama perusahaan (co branding).
- Menjual perangko dan meterai tempel palsu.
- Mengembalikan perangko dan meterai tempel yang sudah dibeli.
- Menerima dan membeli perangko dan meterai tempel dari masyarakat atau pihak lain untuk dijual di Agenpos.
- Mengalihkan pengelolaan Agenpos kepada pihak lain.
- Memperjualbelikan izin kepada pihak lain.
- Memindahkan lokasi Agenpos ke tempat lain kecuali atas persetujuan perusahaan/Kantor Pos.
- Menggunakan aplikasi lain selain aplikasi I-Pos milik perusahaan/Kantor Pos.
- Menggunakan dokumen dan nama perusahaan dalam melakukan perikatan/tender dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman pos.
TANGGUNGJAWAB PENGELOLA AGENPOS
1. Bertanggungjawab atas Rahasia surat.
2. Keselamatan dan keamanan terhadap uang, kiriman pos, sarana/prasarana
yang masih berada pada Agenpos.
3. Kekurangan Porto dan Bea yang tidak terpungut dan tidak tertagih kepada
pengirim maupun penerima.
4. Pembayaran ganti rugi akibat kehilangan atau kerusakan kiriman pos baik
seluruhnya ataupun sebagian selama masih berada di Agenpos atau kiriman pos
yang belum diserahterimakan ke kantor Pos.
5. Penyalahgunaan yang dilakukan oleh petugas pelaksana Agenpos, baik
langsung maupun tidak menimbulkan kerugian di Agenpos maupun Kantor Pos.
Itulah sedikit penjelasan mengenai AgenPos dan juga syarat untuk menjadi AgenPos.
Terima kasih,
Pengelola Agen Pos ARDIAN
Kami hadir untuk memberikan layanan pemasangan Taruhan TOGEL Online
ReplyDeletedengan kemudahan dan keamanan yang terjamin.
- System REGISTRASI yang Mudah.
- Metode Transaksi menggunakan Bank LOCAL.
- Transaksi yang Mudah dan Cepat
- Support CS 24 Jam melalui LiveChat,BBM dll.
- Game 4D,3D,2D,Colok, Naga, Macau, Shio, dll.
- Game Live Casino, Tangkas, Slot Games, Poker dan Domino
- Bonus Refferal dengan Perhitungan Fair & transparant.
- Discount terbaik serta Index kemenangan yang Tinggi .
- Minimal Deposit 20.000
Bandar Togel Diskon Terbesar di Indonesia Pantai4d.com:
- 2D ( 29% )
- 3D ( 59% )
- 4D ( 65% )
Serta Bonus Refferall
Menyediakan 5 Pasaran Togel >>
Sydney - Sydney2 - Singapore - Hongkong Lucky7 - Hongkong
Game Online Casino
Tunggu Apa Lagi ? Segera Daftarkan Diri Anda & Teman² Anda
Mau main di HP ? BISA !! (Support Android & iOS)
Hubungi Kami :
PIN BB : D87CDA03
WA : +855968905699
Line : pantai4dcs
WEBSITE: Pantai4D